Rabu, 18 Juli 2012

IPS SELALU DI HATI

                Halo agan2 semuanya, hehe...udah lama ya ternyata saya nggak posting di blog saya yang kucel ini. Well, rasanya baru kemarin saya posting mengenai awal2 masuk SMA. Eh, sekarang udah setahun lho ternyata. Yap, saya baru aja dinobatkan menjadi salah satu penghuni kelas XI IS 1. Meninggalkan kelas X-C saya yg tercinta. Huhu...ngomong tentang XI IS 1, pasti kalian pada heran kan knapa saya masuk kelas XI IS 1, kelas IPS, yang notabene udah di cap sebagai kelas “BUANGAN”.

                Jadi begini, menghadapi tahun ajaran baru kemarin. Seperti biasa para siswa kelas XI dihadapkan dengan yang namanya PENJURUSAN. Tahu kan? (hehe). Jadi nggak seperti tahun2 sebelumnya, tahun ini anak2 pada bingung menentukan jurusan mereka. Kenapa??? Karena katanya untuk tahun ini dan tahun berikutnya, bakal nggak ada jalur IPC buat SNMPTN Undangan. Itulah knapa anak2 pada galau nentuin mereka mau kemana termasuk saya :D. Ada yang kuliahnya pengen masuk IPS, tpi takut kalo dia pilih jurusan IPS di SMA bakal di cap  anak buangan lah, dimarahin ortu lah, ini itu . Tapi nggak begitu dengan saya, saya dengan sadar dan tegas milih jurusan IPS karena saya mau masuk HI atau Komunikasi pas kuliah nanti. Padahal nilai saya mencukupi lho gan buat masuk IPA, hehe. Itu karena saya udah memikirkan strategi (baca :planning) untuk menggapai cita2 saya itu. Bukan hanya karena pengen di cap anak pinter tapi malah jadi abal2 di kelas IPA. Awalnya sih, banyak yg nggak respect gitu, ada yg bilang saya goblok lah, sombong lah, karena bnyak anak yg mau masuk IPA tapi kok saya yg udah jelas2 bisa masuk IPA, malah milih IPS.
                Akhirnya, saya nemuin wali kelas untuk konsultasi mengenai pilihan saya ini. Dan wali kelas mulai membesarkan hati {ciyeee....:D} saya buat memilih jurusan yng sesuai sama minat dan bakat saya. Dan, sy bilang dengan mantap bahwa saya mau masuk IPS. Toh, IPS nggak selamanya “BUANGAN” kok. Malah IPS itu bukan “BUANGAN”. Banyak kok anak IPS yg SUKSES, ya nggak gan?? :D.
                Dan ternyata, pilihan saya benar. Di hari penerimaan rapot banyak siswa yang mutusin buat pindah jurusan dari IPA ke IPS. Alasannya mereka sama, nggak mau jadi abal2 kelas IPA dan pengen masuk ke jurusan IPS di PT nanti. Hehe...akhirnya kelas IPS sekarang rame lho. Dari yang biasanya Cuma 15-17 orang, sekarang bisa 30 lebih. Kelas saya aja, jumlhanya 32 siswa. Hehe....
                So, jangan takut untuk menjadi anak IPS gan, karena apapun pilihan kita, itu baik kok asal kita mau manfaatin pilihan itu. Dan ingat, kita masuk jrusan trtentu itu karna pilihan, bukan karena kebijakan atau bahkan keterpaksaan. Iya nggak??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe RSS Feed